Kamis, 04 Juni 2015

MAKALAH MEDIA OHP dan OHT

PEMBAHASAN

A.      Dasar Pengertian OHP dan OHT
Overhead projektor mulai di kebangkan pada akhir perang dunia kedua dan dirancang khusus sebagai media untuk penggunaan diruangan kelas. Hal itu terlihat dari cirinya atau benda. Kemudahan dalam mengoprasikannya, membuat media ini menjadi salah satu media terbaik dan terpopuler yang pernah dirancang untuk mengajar dan bentuk persentasi lainnya.
            Dilihat dari sejarah perkembangannya, OHP mulai digunakan di diklat-diklat umum di Amerika Serikat pada akhir tahun 1950-an atau permulaan tahun 1960-an. Pada mulanya para guru enggan menggunakannya karena mereka belum mengetahui manfaat dan cara mengoprasikannya. Lambat laun penggunaan OHP menjadi semakin membudaya di kalangan pendidik atau pengajar  dan bahkan OHP telah menjadi suatu kebutuhan untuk mengajar dan memberikan presentasi. Mereka semakin terpikat setelah mengetahui sejumlah contoh aplikasi kreatif dan macam-macam tehnik pemanfaatan OHP yaitu muli dari bidang seni, menejemen serta ilmu-ilmu terapan lainnya. Sebagai contoh dalam bidang matematika, OHP merupakan salah satu media intruksional yang cukup epektif dalam menjelaskan konsep-konsep penting yang sulit didiskusikan atau di ajarkan apabila hanya menggunakan papan tulis saja. Daya tarik luar biasa telah ditampilkan OHP karena kemampuan media tersebut dalam memanipulasi benda yang diletakkan di atasanya. Kemampuan inilah yang sebetulnya tidak dimiliki oleh peralatan proyeksi lainnya. Pesan dan informasi dapat dengan cepat dimunculkan di atas overhed projektor, seperti membuat tanda, menulis, menunjukkan kata-kata penting drngan tangan atau pensil, membuka dan menutup transparasi dengan karton atau kertas, atau meletakkan transparasi tambahan diatas dasar transparasi yang anda letakkan pertama kali ( biasanya di sebut dengan overlay atau lapis tindih).
1.      APAKAH OVERHEAD PROJEKTOR ITU?
.    
      Overhead projector (OHP) adalah salah satu alat yang digunakan untuk memproduksi atau memproyeksikan gambar atau visual yang ada di dalam transparansi film. Caranya adalah dengan meletakkan transparansi di atas permukaan kaca yang apabila lampu OHP dinyalakan maka transparansi tersebut akan terproyeksikan. Kemampuan lensa yang ada didalam OHP memungkinkan pantulan gambar atau tulisan menjadi lebih besar dari aslinya dan tampil dengan cahaya yang cemerlang. OHP jugadapat digunakan menjelaskan suatu materi pelajaran tanpa harus menggunakan plastik transparansi. Benda tidak tembus pandang seperti kertas akan tampak bayangan hitam atau siluet ketika di proyeksikan. Cara inibsa di gunakan ketika guru matematika mengajarkn berbagai bentuk segi tiga, trapisium, segi empat dan sebagainya dalam pelajaran matematika.
      OHP memang dirancang khusus untuk suatu kelas atau ruangan tertutup. Oleh karena itu penggunaan OHP akan efektif bila memenuhi persaratan tertentu. Jumlah siswa biasanya tidak lebih dari 50 orang kecuali jika pembesaran proyeksi memungkinkan siswa yang duduk paling belakang mampu membacanya.
      Dalam menggunakan OHP gangguan sinar atau cahaya dari luar ruangan harus dikendalikan. jika tidak maka proyeksi dilayar akan kurang jernih dan tidak tajam. Lampu ruangan pun sebaiknya tidak terlalu terang agar proyeksi tidak terganggu oleh cahaya lampu tersebut. Penganturan tempat duduk dan disain transparasi juga turut berperan mengefektifkan pesan yang disampaikan.
      Pada dasarnya, media ini sangat sederhana dan barangkali harganya paling murah jika dibandingkan dengan media visual lainnya. Prangkat OHP berbentuk empat persegi panjang dengan berbagai macam ukuran, yang berisikanlampu, lensa, kaca, kipas angin kecil, dan tombol “ on and off “.
      Jika kita lihat bagian dalamnya, overhead projector, overhead projector ini berisikan bola lampu, switch lampu, dan kipas angin kecil.
      Lampu tersebut digunakan untuk menyoroti bagian atas permukaan kaca. Overhead projector sebetulnya menggunakan sistem proyeksi secara tidak langsung (indirect projection system). Secara sederhana dapat diartikan bahwa sinar lampu tidak berjalan lurus dari bola lampu ke layar melainkan diarahkan oleh cermin A sehingga memancar ke atas melalui permukaan kaca atas overhied. Permukaan ini adalah tempat anda meletakkan transparasi atau benda lain yang akan diproyeksikan. Selanjutnya gambar yang di proyeksikan berjalan keatas menuju kepala projector dan sekali lagi diarahkan oleh B sehingga gambar menuju ke layar. Lampu dari OHP yang dipancarkan sangat kuat sehingga dapat di gunakan dalam kelas yang memiliki cahaya atau lampu yang kurang terang.
1.      APAKAH OVERHEAD TRANSPARENCY (OHT) ITU?
Transparasi merupakan lembaran plastik bening yang penyajiannya harus menyatu dengan OHP  itu sendiri. Transparasi adalah tempat untuk menulis materi atau gambar yang akan diajarkan atau disampaikan kepada siswa. Transparansi yang terbuat dari lembaran bahan plastik tersebut bersifat tembus pandang ( transparan) atau tembus cahaya yang memiliki ukuran standar dengan rasio panjang dan lebar berbanding 4 : 5. Pada umumnya plastik transparansi berukuran kuarto atau format buku 18 x 22 cm.
Biasanya suatu lembaran transparansi ditempelkan diatas sebuah bingkai karton tebal. Ini dilakukan kalau anda ingin menggunakannya berkali-kali. Keuntungan anda memberikan bingkai pada transparansi, selain membuat transparansi lebih awet, anda juga dapat menggunakan ruangan-ruangan pada bingkai karton tersebut sebagai catatan-catatan kecil selama anda dalam presentasi. Anda bisa menuliskan inti materi yang penting sebagai pendukung dari pesan yang dituliskan di transparansi.
a.       Jenis-jenis transparansi
Suatu lembaran plastik transparansi ternyata memiliki perbedaan. Letak perbedaan tersebut ada pada bahan baku pembuatan plastik tersebut. Ada plastik transparansi yang hanya bisa langsung digunakan dengan cara menulis di atasnya. Jenis transparansi ini disebut “write on film”, yaitu lembaran transparansi tunggal bening yang berukuran 215 x 266 atau 297 mm. Dengan ketebalan lebih kurang 0,1 mm, transparansi ini tidak mudah robek. Jenis plastik transparansi lain adalah transparansi film infrared (transparansi thermal). Anda dapat memindahkan isi pesan dari sumber mana pun yang mengandung karbon di atas selember transparansi infrared tersebut yang masih kosong dengan menggunakan alat yang disebut dengan “transparency make”, “ thermal copier” atau mesin foto copi. Untuk menghindari pemborosan, sumber bahan anda harus betul-betul mengandung karbon atau lebih baik lagi di foto copi terlebih dahulu sebelum di proses ke dalam bentuk transparansi. Beberapa jenis transparansi ini diantaranya:
·         Film transparansi yang menghasilkan gambar hitam pada latar belakang bening.
·         Film transparansi yang menghasilkan gambar hitam pada latar belakang biru dan kuning.
·         Film transparansi yang menghasilkan gambar merah, hijau, biru, dan ungu pada latar belakang bening.
Sedangkan transparansi yang anda sebut dengan PPC film atau foto film adalah transparansi yang bisa menghasilkan gambar dari proses “erographich” yaitu proses dengan menggunakan mesin foto copi yang menghasilkan gambar hitam dengan latar belakang bening.
Di samping itu, masih ada sejenis transparansi yang dapat memfariasikan transparansi anda, yaitu” highligh film”, berupa lembaran tunggal warna biru yang bisa ditulis dengan pen khusus akan menghasilkan tulisan berwarna kuning.
Jika anda memliki komputer dan printer berwarna maka dengan sangat mudah anda dapat merancang apapun yang anda inginkan dan mencetaknya diatas transparansi khusus. Anda bisa menggunakan berbagai ragam gambar dan warana dengan begitu mudah, cepat, dan dengan hasil menarik.
b.      Bentuk-bentuk transparansi
Sejauh ini anda telah diperkenalkan kepada suatu bentuk transparansi tunggal dengan porman kuarto. Namun anda mungkin akan menggunakan bentuk transparansi lain dalam bentuk gulungan. OHP model tertentu menyediakan tempat penggulung transparansi disisi depan OHP tersebut. Transparansi ini memiliki panjang lebih kurang 15m dan dengan lebar 26 cm. Gulungan transparansi ini dapat digunakan untuk memproyeksikan informasi yang ditulis dengan tangan. Keuntungan bentuk ini bahwa anda dapat menulis terus menerus diatasnya tanpa harus menganti-ganti selembar demi selembar.
 C. Kelebihan Media OHP
Overhead projektor merupakan salah satu media yang sangat mudah dioprasikan oleh setiap orang. Hanya dengan menekan tombol “ on” atau “of” lalu menyesuaikan lensanya agar proyeksinya terfokus pada layar maka OHP telah siap digunakan. OHP juga sangat mudah dibawa kemana-mana (fortabel), dan hanya sedikit memerlukan perawatan. Yang anda perlukan adalah prinsip-prinsipn dasar mendesainnya agar transparansi anda berhasil membawa pesan kepada siswa dengan baik dan benar.
Di bandingkan dengan media lain ,OHP memilitki beberapa keuntungan utama yang tidak dimiliki oleh media intruksional lain, diantaranya:
1.      Mudah di oprasikan
Peralatan ini siap setip saat karena sangat praktis. Anda yang akan melakukan presentasi tidak memerlukan bantuan orang lain dalam mengoprasikan media ini.
2.      Posisi pengajar
Karena OHP dapat ditempatkan di depan ruangan, guru atau instruktur dapat berhadapan dengan siswa pada waktu mengajar. Dengan cara ini anda sebagai pengajar lebih leluasa mengontrol siswa. Di samping itu anda juga dapat menyesuaikan tingkat pengajaran anda sendiri menurut kondisi kelas atau ruangan.
3.      Tidak perlu merubah cahaya lampu
Tidak seperti alat proyeksi lainnya, OHP dapat digunakan dalam kelas yang memiliki cahaya lampu normal. Ini memungkinkan anda memelihara kontak mata dengan siswa selama mengajar.
4.      Hemat waktu
Mempersiapkan chart atau diagram yang rumit sebelum masuk ke kelas akan dapat menghemat waktu mengajar anda. Artinya, anda bisa lebih banyak memberikan input, diskusi atau tanya jawab dengan siswa dengan bahan transparansi yang telah di kerjakan sebelumnya.
5.      Memiliki efek-efek dinamis
Presentasi yang menarik, penuh warna, dan dramatis dapat dihasilkan apabila sejumlah teknik digunakan dalam persiapan visual pada pembuatan transparansi seperti teknik lapis tindih, penutup, rotasi, dan sebagainya.
6.      Produksi visual
Anda sendiri dapat membuat visualisasi dengan bahan-bahan sederhana dan dengan waktu usaha minimal jika dibandingkan dengan media lainnya,
7.      Dapat di gunakan kembali
Transparansi yang pernah anda pakai di suatu kelas dapat di gunakan kembali di kalas lain atau dalam kesempatan lain tanpa harus repot-repot membuatnya kembali. Anda dapat pula memakai transparansi tersebut untuk mengulang pelajaran sebelumnya dengan maksud sekedar mengingatkan siswa tentang pokok-pokok pelajaran yang telah di berikan.
8.      Mudah disimpan
Penyimpanan perangkat keras maupun perangkat lunak dari teknologi OHP ini sangat mudah dilakukan. Setelah anda menekan tombol “of” nya, anda tinggal menggulung kabelnya ketempat yang sudah di sediakan di OHP tersebut lalu anda tinggal menutupnya dengan kain atau plastik penutupnya dan OHP anda sudah aman dari gangguan debu dan gangguan aliran listrik.
9.      Kemampuan memproyeksikan benda nyata
Benda nyata yang transparan seperti penggaris plastik yang transparan dapat diproyeksikan. Sedangakan benda nyata yang tidak transparan dapat dilihat sebagai bayangan dari benda tersebut (siluet).
10.  Kemampuannya menggantikan papan tulis
Dengan menempatkan selembar transsparansi atau gulungan plastik bening di atas permukaan kacanya, OHP dapat digunakan mirip dengan sebuah papan tulis. Sebagai pengganti pungsi kapur tulis di atas papan tulis, anda dapat menulis di atas plastik tersebut dengan sebuah alat tulis khusus yang disebut “ special felt-tip pen” atau alat tulis yang biasa anda sebut spidol.
11.  Bebas polusi
Penggunaan papan tulis yang menggunakan kapur tulis kerap kali membuat penggunaanya merasa sesak napas. Jika anda mengguakan OHP maka kendala tersebut bisa dihilangkan.
12.  OHP dapat digunakan oleh siswa apabila dittugaskan menjelaskan pekerjaan rumah mereka.
13.  Meningkatkan daya inget
Dengan desain dan tata warna menarika akan membuat pesan yang disampaikan lebih mudah diingat dan dapat meningkatkan daya tangkap siswa.
14.  Mudah di perbanyak
Transparansi yang telah di tayangkan di perlukan oleh siswa dengan mudah transparansi tersebut digandakan (foto copy) di atas kertas dengan jumlah sesuai kebutuhan.

D.    Kelemahan-kelemahan OHP
Media OHP tidak  lepas dari kekurangan atau kelemahannya. Seperti medium lainnya,kelemahan OHP tersebut adalah tidak bisa dipakai dalam suatu kondisi atau keadaan tertentu.
Disamping itu teknologi OHP hampir dikatakan selalu tergantung kepada plastik bening. OHP menuntut perhatian kgusus walaupun tidak sesulit media lain seperti film, video atau slide suara. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada saat medium itu di gunakan.
Kelemahan lainnya adalah bahwa OHP tidak dapat memproyeksikan tulisan atau gambar langsung dari buku, majalah-majalah dan sebagainya. Sebelum di royeksikan bahan-bahan tersebut harus diproduksi di atas sebuah transparansi. Akhirnya, pengguna cendrung memakai OHP secara berlebihan karena kesederhanaan dan kemampuan media tersebut.
Terlepasan dari kelemahan perangkat keras dan perangkat lunaknya, para pengguna sering kali belum dapat menggunakan OHP secara maksimal dan tidak dapat mendesain transparansi dengan baik. Misalnya saja banyak pengajar sering menulis diatas transparansi dengan ukuran huruf yang terlalu kecil sehingga siswa yang duduk agak di belakang tidak dapat membacanya dengan baik dan benar.


B.      PRINSIP-PRINSIP DASAR MERANCANG TRANSPARANSI
a.       Merancang visual transparansi
Transparansi sebagai suatu usaha visualisasi ide terdiri dari kombinasi antar dua bentuk: fotografi dan grafis. Fotografi membrikan ilustrasi melalui gambar yang mewakili realitas subjek atau situasi yang sebenarnya. Sedangkan grafis adalah representasi dari sebuah subjek yang bersifat simbolis dan artistik. Namun biasanya didalam perancangan transparansi, bentuk grafis lebih senang digunakan dari pada fotografer.
Keberhasilan dalam merancang transparansi dapat dicirikan dari kualitas dan efektifitas . anda dapat mencapai hal tersebut melalui perencanaan yang hati-hati dan matang, serta menerapkan teknik-teknik khusus dalam menghasilkan suatu produk transparansi.
b.      Prinsip-prinsip dasar mengembangkan rancangan transparansi
Tujuan utama dari komunitas visual yang efektif adalah mentransmisikan ide-ide, pesan, dan informasi yang terarah. Agar efektifitas itu terjadi, sebuah visual harus memberikan ide konsep. Ide-ide tersebut sebaiknya tidak hanya sekedar menggunakan simbol-simbol saja.
Perencanaan seperti itu sebetulnya tidaklah terlalu sulit dilakukan, prinsip dasarnya sangant sedrhana dan hasil-hasilnya akan selalu bermanfaat:
1.      Tentukan dan tetapkan ide,  pertimbangkan dengan baik pesan-pesan yang ingin disampaikan.
2.      Kembangkan simbol-simbol visual sekunder yang bisa mendukung simbol-simbol utama. Diantara simbol-simbol tersebut haruslah saling mendukung dan sederhana. Jangan membuat terlalu banyak simbol visual dalam suatu transparansi.
3.      Jika semua simbol telah anda dapatkan, cobalah susun dan organisasikan tata letaknya.
4.      Tampilkan suatu kesederhanaan. Setiap visual transparansi harus dibatasi oleh satu konsep atau topik pentingnya saja.

Pertimbangan-pertimbangan dasar yang perlu anda ingat dalam membuat tata letak transparansi adalah:
a.       Transparansi belumlah sempurna dan tidak menarik bila tidak diberi warna. Namun ingat, warna juga bisa merusak pesan dan informasi yang disampaikan.
b.      Kosongkan sekeliling pinggiran transparansi untuk memberi kesan nyaman dan longgar. Hal itu akan meningkatkan perhatian siswa lebih baik lagi.
c.       Hindari rancangan yang mengutamakan keindahan dan seni tanpa alasan, atau menyimpang dari tujuan instruksional dan informasional.
d.      Gunakan visual atau simbolyang berhubungan dengan judul,subjudul, dan inti pesan.
e.       Berikan suatu penekanan terhadap suatu bagian rancangan dengan maksud agar terlihat badanya titik perhatian dan dan menambah minat siswa.
f.       Perhatikan keseimbangan komposisi antara visual-visual dan visual-kata kalimat.
g.      Ciptakan suatu desain sebagai suatu satu kesatuan. Satu kesatuan adalah hubungan yang ada diantara banyak elemen dari sebuah rancangan dan kesemuanya dianggap mendukung satu sama lain.
h.      Pastikan arah dan tujuan yang jelas dari desainyang anda buat.
i.        Ciptakan keharmonisan semua elemen atau komponen tata letak desain. Usahakan elemen yang ada bisa saling melengkapi dan hindari adanya elemen yang saling bertentangan.
j.        Gunakan chart, bagan, gambar foto bila memungkinkan agar bisa mengurangi jumlah tulisan.
Anda dapat menggunakannya ketika anda akan menjelaskan tentang:
·         Proses. Prosedur, siklus, fakta,data, data perbandingan, bagan alur (flow chart), tabel matriks, daftar grafik,(balok, kordinat, kurva).
·         Hubungan ruang-peta
·         Hubungan dalam struktur-bagan, diagram, sketma.
·         Hubungan waktu-jadwal-gannt chart
·         Hubungan keluarga-bagan silsilah.


c.       TEKNIK DASAR PEMBUATAN DAN PENYAJIAN PERANGKAT LUNAK OVERHEAD TRANSPARENCY (OHT)

Bebrapa hal penting yang patut di perhatikan antara lain:
1.      Tujuan
Hakikat suatu tujuan  perlu dijelaskan dengan akurat. Artinya apa yang anda harapkan dari siswa setelah mengajar harus gamblang disebutkan.


2.      Siswa
Pengenalan siswa mutlak diperlukan terutama dari ciri-ciri atau kaakteristik, pengetahuan dan keterampilan awal yang mereka miliki dalam hubungannya deanga pengajaran anda.
3.      Biaya
Bila anda memproduksi transparansi tanpa bantuan dana dari tempat kerja atau organisasi anda sendiri maka selayaknya perlu dipertimbangkan matang-matang ketersediaan uang yang anda miliki.
4.      Tenaga teknis
Perlu atau tidaknya bantuan dari bantuan orang lain atau seorang tenaga ahli tergantng kepada kemampuan yang anda miliki.
5.      Peralatan
Kebutuhan peralatan tergantung kepada hasil transparansi yang di peroleh.

Agar mendapatkan hasil profesional,  siapkanlah sekaligus peralatan yang di perlukan dalam membuat rancangan agar anda terbiasa bekerja dengan peralatan dasar tersebut. Beberapa perlengkapan tersebut antara lain:
a.       Penggaris T-square.
b.      Penggaris panjang dan penggaris segitiga.
c.       Pelengkung garis
d.      Pensil
e.       Karet penghapus
f.       Cairan penghapus
g.      Spidol
6.      Fasilitas
Adapun fasilitas yang anda perlukan antara lain:
a.       Tenaga listrik
Sumber listrik membantu anda memperlancar proses produksi terutama apabila anda menggunakan thermal copier, komputer, meja kaca berlampu, dan bekerja diruangan.
b.      Kertas dan karton
Kertas merupakan bahan penting dalam menuangkan ide anda, sedangkan karton dapat dimanfaatkan dalam teknik gunting-tempel dan teknik revelasi.
c.       Thermal copier
Periksalah apakah mesin tidak mengalami keruskan? Periksa pula sumber listriknya, tingkat panas yang dihasilkan dan tingkat voltage (110 atau 220)
d.      Komputer
Memakai komputer serta perangkat lunak yang berkaitan dengan pembuatan grafis maka manfaatkanlah mesin canggih ini dalam meningkatkan politas dan kecepatan memproduksi transparansi.
e.       Waktu yang tersedia
Urusan pekerjaan yang menyita banyak waktu menyebabpak anda merasa keberatan jika wktu luang yang tersisa harus sering di habiskan untuk memproduksi transpransi.
A.    DUA MACAM TEKNIK PRODUKSI OHT
1.      Tehnik pembuatan secara langsung
Secara langsung adalah menuliskan atau menggambarkan seketika pada saat anda mengajar di depan kelas.
2.      Teknik pembuatan secara tidak langsung
Tehnik secara tidak langsung relatif beragam cara pembuatannya yaitu mulai dari yang paling mudah dan sederhana hingga yang paling sulit dan kompleks serta melibatkan peralatan canggih.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan tehnik tidak langsung antara lain:
1.      Thermal transparancies (thermofax)
Mesin termal foto copiy adalah alat yang memproduksi transparansi dengan cara yang sangat cepat dengan hasil yang sangat baik.
Kalok tidak menemukan mesin fotocopiy bisa dengan cara seperti dibawah ini:
a.       Menyobeknya langsung dari sumber seperti dari buku, majalah atau surat kabar.
b.      Menjiplak dari sumber dengan menggunakan pensil 2B atu tinta hitam.
c.       Menggunakan mesin tik dapat juga dilakukan dengan syarat tidak menggunakan mesin tik yang memiliki huruf elit atau “pica”.
2.      Fhoto copier transparency film
Transparansi menjadi semakin lebih populer sejak transparansi dapat di proses melalui potocopiy dengan kecepatan yang sama seperti thermofax machine.
3.      Computer-printed transpariencies (computer-generated)
Memproduksi transparansi dengan komputer semakain hari semakin meluas apalagi saat ini harga mesin komputer semakin murah.
Bebrapa keleihan pokok komputer dalam hubngannnya dengan menyelesaikan rancangan anda adalah:
a.       Mempercepat waktu produksi
Kebutuhan waktu untuk menyelesaikan suatu desain tergantung kepada kemuritan dan prosedur pembuatan yang digunakan.
b.      Mudah memperbaiki desain
Usaha perbaikan tersebut asti memerlukan waktu yang cukup banyak apalagi kalok kata tersebut berada di tengah-tengah satu kalimat.
c.       Menghemat waktu desain
Komputer mampu menyajukan pilihan-pilihan tata letak elemen-elemen yang diperlukan tekstur, ketebalan garis, jenis huruf dan masih banyak lagi.
d.      Menghemat tempat penyimpanan
Ratusan rancangan dapat disimpan secara elektronik didalam komputer.
            Cara cepat mengahasilkan transparansi, salah satu cara yang kerap dipakai dalam menggunakan cara tidak langsung adalah dengan menjiblak. Cara menjiblak dapat dikatakan tidak memerluakan suatu alat bantu. Jika anda dapat memanfaatkan teknik menjiblak tersebut maka anda dapat menghasilkan transparansi yang cukup baik.
            Cara langsung ditulis tangan
Serung kali anda tergesa-gesa dalam memproduksi transparansi karena keterbatasan waktu yang ada.
Memperbaiki penampilan dalam penggunaan OHP
Ada dua prosedur yang dapat anda ikuti dalam menggunakan OHP. Pertama, anda harus mengembangkan unit-unit persentasi. Dua, memilih bahan-bahan persentasi yang membantu pencapain tujuan. Bahan-bahan yang diproyeksikan hendaknya memenuhi kriteria sebagai berikut:
·         Adanya tujuan umum dan tujuan khusus dari prsentasi
·         Memberikan pengalaman nyata
·         Membangkitkan motifasi dan minat
·         Mengembangakan keteraturan berfikir
·         Memperjelas arti dan kata-kata baru
·         Memberikan pariasi dalam belajar
·         Menghemat waktu persentasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar