Sabtu, 19 Juli 2014

RPP SKI



SK       : mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib ra.
KD      : Menceritakan silsilah, kepribadian Ali bin Abi Thalib dan perjuangannya dalam dakwah Islam.
Indikator :
1.      Menjabarkan silsilah keluarga Ali bin Abi Thalib
2.      Menjelaskan keperibadian Ali bin Abi Thalib dalam kehidupannya sehari-hari
3.      Menjelaskan peranan Ali bin Abi Thalib dalam dakwah islam
Pengembangan materi
a.      Fakta
                 ·    Nama lengkapnya adalah ali bin abi thalib bin abdil muthalib bin hasyim bin abdi manaf bin qushay bin kilab bin murrah bin ka’ab bin Lu’ay bin ghalib bin fihr bin malik bin an-Nadhr ibn kinanah bin khuzaimah bin mudrikah bin ilyas bin mudhar bin nizar bin ma’ad bin adnan al-Quraisy Al-Hasyimi.
                 ·    Semua sahabat Nabi memiliki keperibadian yang terpuji, begitu juga Ali bin Abi Thalib
                 ·    Sejak kecil Ali selalu bersama Rasulullah SAW., karena beliaulah yang mengasuh Ali, sehingga Ali terdidik dalam kesempurnaan akhlak dan sifat-sifat mulia.
                 ·    Menjaga dan melindungi Nabi dari pembangkangan kaum kafir Quraisy yang menginginkan kematiannya.
b.      Konsep
                 ·    Ali dijuluki sebagai Abu al-hasan dan abu as-sibthain yakni ayah dari kedua cucu Nabi
                 ·    Cerdas dan berpengetahuan luas
Yakni memiliki ilmu yang tinggi.
                 ·    Hidup sederhana
Tidak berlebihan dalam kehidupan sehari-hhari yang mana disesuaikan dengan kedudukannya.
                 ·    Berakhlak mulia adalah sikap yang mana suatu sikap yang mencerminkan akhlak mulia dalam hal ini Ali tidak pernah ragu dalam menyatakan keislamannya.
                 ·    Pemberani
Adalah pantang mundur dan tidak pernah takut mati dalam membela dan menegakkan kebenaran.
                 ·    Ulama dan hakim terkemuka dikarenakan Ali meriwayatkan hadist Nabi sebanyak 586 hadist.
c.       Prinsip
·         Kebijakan Ali yang memindahkan pusat Pemerintahan ke Kuffah. Hal ini dilakukan agar kekuasan kekhalifahan berjalan secara kondusif dan tidak terjadi pertetangan umat islam. Akan tetapi kebijakan ini mendapat pertentangan dari orang-orang yan tidak setuju.
·         Kebijakan Ali yakni mengambil tanah yang dibagikan Utsman kepada keluarganya. Kebijakan ini mengakibatkan bertambahnya rasa kebencian pada Ali bin Abi Thalib.
d.      Prosedur
·         Sepupu Rasulullah hingga menjadi menantu Rasulullah yakni dengan menikahi Fatimah binti Rasulullah
·         Ali memfokuskan pada stabilitas keamanan Negeri pada saat menjabat sebagai khalifah dan menghentikan pengusutan pembunuhan Utsman Bin Affan
e.       Nilai/sikap
·         Cerdas dan berpengetahuan luas
·         Hidup sederhana
·         Pemberani









SK : mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib ra.
KD : menunjukkan contoh-contoh nilai positif dari dari khalifah ali bin abi thalib
Indikator :
1.      Menyebutkan contoh-contoh nilai positif dari khalifah ali bin abi thalib ra.
2.      Menerapkan dalam kehidupan sehari-hari nilai positif ali bin abi thalib ra.
Pengembangan Materi : 
1.      Fakta
ü  Ketika kafir Quraisy mengejar-ngejar Nabi untuk dibunuh pada malam hijrah, Ali dengan beraninya tidur di pembaringan tidur Nabi untuk mengecoh kaum kafir Quraisy
ü  Ali mengikuti perang bersama Nabi kecuali perang tabuk karena pada saat itu Nabi memintanya untuk menjaga Madinah selama perang tabuk berlangsung
ü  Ali termasuk ulama dan hakim  terkemukaka dari kalangan sahabat, ia meriwayatkan hadist Nabi sebanyak 586 hadist
ü  Buku syair yang dikarang oleh Ali bin Abi Thalib diantaranya, Nahaj al bhalagah, contoh syair “janganlah kamu berlaku aniaya jika kamu mampu berlaku adil. ”
2.      Konsep
ü  Hijrah adalah perpindahan Nabi Muhammad saw bersama sahabatnya dari Mekkah ke Madinah
ü  Sahabat adalah orang yang hidup di zaman Nabi yang  menyertai Nabi baik suka maupun duka
ü  Penyair adalah adalah seni yang menggambarkan pengolahan kata menjadi sesuatu yang menarik untuk didengar
3.      Prinsip
Jika tidak menggantikan posisi Nabi maka Nabi kemungkinan besar ia akan dibunuh oleh kaum kafir Quraisy.
4.      Prosedur
Setelah Utsman terbunuh, Madinah berada dibawah naungan kendali Demonstran. Mereka menghadapi persoalan dalam menghadapi pemilihan khalifah. Setalah terjadi kekosongan kekuasaan selama 5 hari, Ali bin Abi Thalib mendapat paksaan dari warga Madinah yang diteror demonstran, barulah Ali bersedia menjadi khalifah menggantikan Utsman Bin Affan.
5.      sikap / nilai

ü  Jujur
ü  Bertanggung jawab
üAmanah
ü  Berakhlak mulia
ü  Berwibawa
ü  Cerdas














SK  : Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib ra
KD : Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib ra.
Indikator :
1.      Menyebutkan nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Thalib ra.
2.      Meneladani nilai-nilai positif dari kekhlaifahan Ali bin Thalib
Pengembangan Materi :
1.      Fakta
ü  Kebijaksanaan dalam mengambil sikap yakni pada saat terjadinya perang jamal yang mana Ali memulangkan Aisyah secara hormat ke Mekkah.
ü  Rasulullah pernah bersabda” saya adalah kotanya ilmu dan Ali adalah pintu gerbangnya”.
2.      Konsep
ü  Bijaksana adalah pengambilan keputusan yang tepat.
ü  Perang jamal adalah perang yang dipimpin oleh Aisyah untuk memerangi Ali dengan mengendarai unta.

3.      Prinsip
Kebijakan ini diambil karena pada Aisyah merasa jika pemerintahan Ali tidak berusaha untuk mengusut tuntas kasus pembunuhan Utsman bin Affan yang menyebabkan terjadinya perang jamal.
4.      Prosedur
Genjatan senjata, perdamaian, penyeludupan dan peperangan.  
5.      Nilai/ sikap
Bijaksana, bertanggung jawab.







SK  : mengenal sejarah perjuangan tokoh agama islam di Daerah masing-masing
KD : mengidentifikasi tokoh-tokoh agama islam di daerah massing-masing
Indikator :
1.                  Menyebutkan tokoh-tokoh agama di daerah masing-masing
2.                  Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama islam di daerah masing-masing
3.                  Menjelaskan peranan tokoh agama islam di daerah masing-masing

Pengembangan materi :
1.      Fakta
Walisongo.
2.      Konsep
Walisongo adalah sembilan wali yang menyebarkan agama islam pertama kali di Pulau Jawa.
3.      Prinsip
Menyebarkan islam tanpa menggunakan paksaan dan mengabungkan budaya yang berkembang di daerah dari masing-masing wali.
4.      Prosedur
Menunjukkan keluruhan budi pekerti, keramahan dan kesopanan dalam menyebarkan agama islam.
5.      Nilai/sikap
ü  Ramah
ü  Budi luhur
ü  Suka menolong
ü  Berilmu tinggi
ü  Akhlak terpuji
ü  Peduli sosial yang tinggi
ü  Sopan
ü  Toleran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar