SIMPOSIUM
Simposium adalah serangkaian pidato pendek di depan pengunjung dengan
seorang pemimpin. Pidato-pidato tersebut mengemukakan aspekaspek yang
berbeda daritopik tertentu
·
Tujuan metode simposium :
1.Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menganalisis beberapa
aspek yang saling berhubungan dan yang dapat diperdebatkan
2.Membantu peserta untuk dapat mengerti hubungan dari macam-macam
bagiandari suatu topik
·
Penggunaan metode simposium:
1.Jika ingin membahas aspek-aspek yang berbeda dari topik tertentu
2.Jika kelompok lebih besar
3.Jika kelompok tersebut membutuhkan keterangan yang ringkas/singkat
4.Jika ada pembicara yang memenuhi syarat
5.Jika tidak memerlukan tanggapan dari peserta
6.Jika pokok pembicaraan sudah ditentukan
·
Kelebihan metode simposium:
1.Dapat dipakai pada kelompok besar maupun kecil
2.Dapat menyampaikan informasi dalam waktu yang singkat
3.Pergantian pembicara menambah variasi dan menjadikan lebih menarik
·
Kekurangan metode simposium
1.Kurang spontanitas dan kreativitas
2.Kurang interaksi dari kelompok dan hanya menekankan pada pokok pembicaran
3.Terasa agak formal
4.Sulit mengontrol waktu
5.Cenderung untuk dipakai secara berlebihan
6.Membutuhkan perencanaan yang hati-hati untuk mendapatkan jangkauan
yangtepat
Simposium 2
Ialah serangkaian pidato pendek di depan peserta denganseorang pemimpin,
pidato-pidato itu mengemukakan aspek-aspekyang beda dari topik tertentu. Metode
ini biasanya digunakan ketika :a) Untuk mengemukakan aspek-aspek yang berbeda
dari topiktertentu.b) Jika kelompok itu besar.c) Jika kelompok itu membutuhkan
keterangan yang ringkas.d) Jika ada pembicara yang memenuhi syarat.e) Jika
tidak memerluka reaksi mentee.f) Ketika pokok pembicaraan sudah ditentukan.Kelebihan
metode ini, antara lain :a) Dapat dipakai pada kelompok besar maupun kecil.b)
Dapat mengemukakan informasi dalam waktu yang singkat.c) Menyoroti hasil
simposium.d) Pergantian pembicara menambah variasi dan menjadi lebihmenarik.e)
Dapat direncanakan jauh-jauh hari.Kekurangan metode ini, antara lain :a)
Kurangnya spontanitas dan kreativitas.b) Kurangnya interaksi antar kelompok
dalam mentoring.c) Menekankan pokok pembicaraan. d) Agak terasa formal.e)
Kepribadian pembicara dapat menekankan isi dengan kurang tepat.f) Sulitnya
mengadakan kontrol waktu.g) Secara umum membatasi pendapat pembicara.h)
Membutuhkan perencanaan sebelumnya dengan hati- hati, untukmenjamin jangkauan
yang tepat.i) Cenderung untuk dipakai secara berlebihan.13) Simposium
ForumIalah simposium yang diikuti dengan partisipasi peserta.Metode ini
biasanya digunakan ketik a :a) Untuk memberi kesempatan interaksi kelompok
setelahsimposium.b) Pada saat diperlukan kombinasi penyajian isi dan reaksi
mentee.c) Ketika ada pendapat yang sulit yang harus ditangani dengan
benarsebelum didiskusikan secara terbuka.d) Jika ada waktu dan persiapan yang
cukup.e) Jika mengajukan beberapa pandangan yang berbeda untuk mintatanggapan
dari mentee.
f) Jika kelompok itu besar.g) Jika kellompok itu membutuhkan keterangan
yang ringkas.Kelebihan metode ini, antara lain :a) Menambah nilai simposium
dengan reaksi mentee. b) Dapat dipakai pada kelompok besar maupun kecil
(terutama yangbesar).c) Dapat dipakai untuk menyajikan banyak keterangan dalam
waktuyang singkat.d) Menyoroti hasil simposium.e) Penggantian pembicara
menambah variasi dan membuat lebihmenarik.f) Reaksi mentee mendorong mentee
untuk mendengarkan denganlebih banyak perhatian.Kekurangan metode ini, antara
lain :a) Membutuhkan banyak waktu.b) Tanggapan dari kelompok tertunda.c)
Kepribadian pembicara memungkinkan penekanan pada isi yangkurang tepat.d) Sulit
dalam kontrol waktu.e) Periode forum mudah terukur.Dari penjelasan di atas,
maka jelaslah pengertian, kelebihan,kekurangan dan kapan metode-metode tersebut
digunakan. Metodemetodeyang dijabarkan diatas, menunjukkan bahwa proses
pembelajaranmentoring membutuhkan variasi strategi dan kegiatan alternatif.
Sepertiyang diungkapkan oleh Evelyn Williams English dalam bukunya”Mengajar
Dengan Empati” menyatakan bahwa kompilasi pengajaran67yang inovatif dan yang
menyediakan berbagai variasi strategi dan kegiatanalternatif bagi para guru
akan sangat mendukung siswa di semua tingkatanpada saat mereka memperoleh dan
menerapkan pengetahuan dibidangmembaca, berfikir, menulis, berbicara, dan
mendengar
Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2189163-pengertian-metode-simposium/#ixzz2SwboJm3X
Metode Simposium Metode simposium menurut Hadisoewito (2009:
32) mengetengahkan suatu sari ceramah mengenai berbagai kelompok topik dalam
bidang tertentu. Ceramah tersebut diberikan oleh beberapa ahli. Pendapat
tersebut menegaskan bahwa simposium adalah cara pembelajaran yang dilakukan
dengan pengungkapan serangkaian cermah-ceramah yang disampaikan oleh sejumlah
pembicara sesuai dengan keahliannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar